CARA MENEMUKAN NISN SISWA

CARA MENEMUKAN NISN SISWA / CEK DATA PESERTA DIDIK (INFO SISWA) SECARA ONLINE DI INTERNET TAHUN AJARAN 2015 – 2016


Penjelasan singkat mengenai NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) berdasarkan situs resmi http://nisn.data.kemdikbud.go.id bahwasannya NISN merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional.
Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia.
Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdiknas.go.id./).
Tujuan dan Manfaat dari NISN :

1.   Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
2.   Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
3.   Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

Selanjutnya, untuk mencari / menemukan NISN baik oleh peserta didik / siswa ataupun oleh orang tua / wali siswa adalah sebagai berikut :

1.   Silahkan kunjungi link berikut.
2.   Jika NISN belum diketahui, silahkan klik pada tab “Pencarian Berdasarkan Nama”.





3.   Setelah tampil halaman baru, silahkan isi pada kolom “Siswa”, “Tempat Lahir”, dan “Tanggal Lahir” dengan benar dan lengkap sesuai dengan Akta Lahir / Ijazah / SKHUS / SKHUN peserta didik bersangkutan. Dan sama persis termasuk ejaan, titik dan koma (jika ada) sesuai dengan data peserta didik yang tercantum pada akta lahir, ijazah, ataupun SKHU-nya. Untuk format tanggal lahir adalah : Tgl/Bln/Thn, contoh : lahir pada tanggal 13 September 1998, maka diinput “13/09/1998”.

4.    Kemudian klik pada tombol “Cari”.

5.   Jika tidak ada data yang tampil (no record to display), silahkan ulangi kembali langkah pada nomor 3 di atas, dan jika memang dirasa telah entry data dengan benar sesuai dokumen fisik peserta didik yang ada ternyata tetap tidak muncul, silahkan hubungi “Operator Sekolah” Anda untuk dilakukan verifikasi maupun validasi terkait NISN siswa bersangkutan.




6.   Jika benar dan ternyata anak tersebut telah memiliki NISN yang valid, maka akan muncultampilan data siswa, mulai dari NISN, Nama Lengkap Siswa, Jenis Kelamin (1 = Laki-laki, 2 = Perempuan), Tempat Lahir, dan juga Tanggal Lahir.


7.   Untuk melihat info siswa secara lengkap, silahkan klik pada tab “Pencarian Berdasarkan NISN”, lalu masukkan NISN (harus 10 digit angka), lalu klik pada tombol “Cari”.




8.   Setelah itu akan muncul “Info Siswa” secara lengkap seperti screen shoot di bawah ini :




Demikian cara mencari NISN siswa secara online melalui internet maupun untuk cek / mengetahui NISN siswa / peserta didik yang valid di tahun ajaran 2015/2016 ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih…

0 Response to "CARA MENEMUKAN NISN SISWA"

Post a Comment